Sunday, September 15, 2019

CARA MENGISI KORAN (TUGAS PHANEROGAME)


TANAMAN PENYERAP RADIASI KOMPUTER.
 

NB: tumbuhan lidah mertua dapat menangkal radiasi computer dengan cara menyimpannya di dalam ruangan dan menaruhnya didekat benda-benda elektronik yang sering kita gunakan.
Pada zaman sekarang  barang-barang elektronik sudah jadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat, misalnya komputer sudah digunakan hampir disetiap rumah terutama diperkotaan. Mahasiswa dan pekerja kantoran adalah orang yang paling sering menggunakan benda yang satu ini, namun  masih banyak yang tidak menyadari bahaya dari radiasi computer atau pun benda-benda elektronik lainnya, radiasi adalah energi yang bergerak melalui media atau melalui ruang dan dan dapat diserap oleh benda lain,. Para ahli kesehatan telah mengakui adanya akibat buruk radiasi computer dan ponsel bagi kesehatan. Seperti matinya sel-sel tubuh, penurunan sistem kekebalan tubuh, kelelahan, gangguan syaraf, penurunan kualitas seksual, kanker, dll (eva, 2011).
Dengan efek radiasi yang sering kita terima Jangan heran jika Anda saat ini sering merasa cepat lelah. Mungkin Anda memiliki ponsel dengan radiasi tinggi. Bisa juga Anda bekerja dengan menggunakan komputer atau laptop hampir setiap hari. Lalu bagaimana cara mengurangi bahaya radiasi dari benda2 elektronik ini? Kini ada solusi penangkal efek negatif radiasi ponsel dan komputer bagi kesehatan.tanaman yg dapat meyerap radiasi benda2 elektronik diantaranya adalah tanaman lidah mertua yang memiliki nama ilmiah Sansevieria.sp atau adapula yang menyebutnya tumbuhan lidah jin. Secara umum sansevieria (lidah mertua) dapat dikelompokkan menjadi dua jenis. Jenis dengan daun pendek (sekitar 8 cm) dan jenis dengan daun panjang (50-70 cm).
Menurut sebagian ilmuan,tanaman ini selain menyerap radiasi dapat juga menyerap polusi udara disekitar, tanaman ini dapat kita simpan di pekarangan rumah atau didalam ruangan , karena tumbuhan ini menghasilkan oksigen namun tidak menghasilkan co2 yang dapat mengganggu kesehatan kita, sehingga sangat cocok ditaruh didalam ruangan.
Tanaman lidah mertua punya banyak kelebihan, seperti mampu bertahan hidup walaupun dengan sedikit air juga tidak membutuhkan cahaya matahari yang banyak,karena dapat digantikan cahaya lampu listrik saja, mampu menyerap 107 jenis polutan di daerah banyak polusi seperti ruangan yang penuh dengan asap rokok . Selain itu juga bisa sebagai indicator pencemaran udara yang dicirikan dengan rusaknya tanaman tersebut. Dan tentu saja bisa mengurangi radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh komputer dan televisi maka, baik jika tanaman ini ditaruh disamping komputer atau televisi. juga dapat menyerap radiasi dari barang elektronik lainnya.
Perawatan tanaman ini juga cukup mudah dilakukan, jangan lupa dijemur seminggu sekali agar tanaman tetap segar.penyiraman hanya perlu dilakukan hanya dengan menyemprotnya dengan sedikit air dan ketika menanam juga dapat menggunakan pot dengan media tanam yang baik seperti tanah gembur dicampur kulit gabah, bisa juga dicampur arang kayu.
Ternyata tumbuhan lidah mertua yang perawatannya super mudah ini memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kehidupan dan lingkungan kita. Oleh karena itu Ayo, tanam “Lidah Mertua”.
(Hana,mahasiswa biologi UNPAD)

No comments:

Post a Comment